Popular Post

Posted by : Firdaus Nuzula Jumat, 11 Januari 2019


DRUMBLEK NADA REKCLUB KALIWUNGU KENDAL
Bagi banyak orang yang tinggal di luar kota Kaliwungu Kendal mungkin masih asing jika mendengar kata “drumblek”, karena kata ini memang tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun “drumblek” sangat dikenal di kota Kaliwungu, kesenian ini memiliki kemiripan dengan marching band, namun drumblek memiliki instrumen yang berbeda.
Alat musik utama drumblek adalah alat-alat yang sebenarnya bukan berfungsi sebagai alat musik seperti tong plastik, tong berbahan seng, bambu, dll. Walaupun demikian drumlek tetap menyertakan bellyra dan pianika sebagai pendukung melodi pada musik tersebut.
Jika dilihat dari penampilan dan ragam costum yang digunakan, drumblek saat ini sudah jauh berkembang jika dibandingkan dengan awal kemunculannya, bahkan berbagai macam variasi formasi barisan juga telah diaplikasikan seperti layaknya marching band profesional.
Kreatifitas masing-masing grup ini ternyata memicu daerah-daerah lain di Kota Kaliwungu untuk membentuk grup drumblek lainnya, hal ini menjadikan drumblek sebagai salah satu kesenian musik yang cukup populer dan bergengsi di Kota Kaliwungu saat ini.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=KkE9fbSu0OY&t=11s ( Firdaus channel )

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FIRDAUS BLOG - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -